4 fitur baru smartphone yang memulai debutnya di tahun 2015

4 fitur baru smartphone yang memulai debutnya di tahun 2015

|||||

Tahun 2015 telah berlalu, dan bagi anda pecinta smartphone yang selalu mengikuti perkembangan teknologi smartphone dari waktu ke waktu cukup tahu apa saja yang baru dari smartphone tercanggih saat ini.

Namun bagi para pembuat smartphone, mereka harus terus menerus berinovasi demi menjaga pelanggan mereka atau menjadi yang terbaik untuk bersaing dengan produsen-produsen yang lain. Tidak mengherankan jika perkembangan teknologi smartphone semakin cepat dan ramai. Berikut adalah daftar teknologi yang diaplikasikan pada smartphone di tahun 2015 kemarin. Kedepannya di tahun 2016 kita semua berharap akan ada hal-hal besar yang membawa kemajuan teknologi menjadi peradaban lebih maju.

NTT_AFP_640-624x3511. Pemindai Iris Mata

Jika anda berpikir Lumia 950 dan 950 XL ponsel cerdas Microsoft sebagai handset pertama kali yang menggunaan pemindai iris mata, anda salah. Meskipun anda tidak mengenalnya karena tidak dipasarkan secara bebas Fujitsu Arrows NX F-04G adalah smartphone pertama kali yang menggunakan teknologi pemindai iris mata yang diluncurkan pada Mei tahun lalu di Jepang.

Sebagaimana sidik jari, iris pada bola mata kita mempunyai pola yang unik, tidak sama antara satu orang dengan orang lainnya, itulah kenapa iris mata bisa digunakan sebagai pengganti identitas seseorang dan lebih aman daripada pemindai sidik jari.

Pemindai mata milik Fujitsu ini mengandalkan sensor infra merah dan kamera yang menghadap ke depan, yang mampu digunakan untuk membuka kunci layar smartphone dalam waktu 0,6 detik. Yang hanya anda perlukan adalah menghadapkan muka anda ke depan ponsel anda, tentu saja dengan mata terbuka.

Pemindaian iris mata bisa juga diaplikasikan untuk login ke dalam sebuah website, ataupun untuk otorisasi pembayaran mobile dan segala hal yang bersifat keamanan.

Sayangnya, Fujitsu Arrows F-NX 04G adalah perangkat yang hanya beredar di Jepang, jadi anda harus berterima kasih kepada Microsoft Lumia 950 dan 950XL yang memasarkan smartphone berteknologi pemindai iris mata ke seluruh dunia.

USB-type-C2. USB Type-C

2015 juga membawa kita pada smartphone yang menggunakan teknologi socket USB Type-C. Handset pertama kali yang menggunakan port USB Type-C adalah LeTV One, LeTV One Pro, and LeTV Max – semuanya diluncurkan pada pertengahan tahun kemarin di China. Sejak itu, kemudian smartphone-smartphone lain yang menggunakan USB Type-C mulai berdatangan, diantaranya ada OnePlus 2, Google Nexus 6P, Google Nexus 5X, Microsoft Lumia 950/950 XL.

Anda juga harus tau, teknologi USB Type-C merupakan socket USB yang bisa masuk meskipun slotnya terbalik, berbeda dengan USB tipe-tipe sebelumnya dimana dalam memasukkan USB anda harus memastika bahwa slot tidak terbalik. Hal ini bisa terlihat dengan bentuk fisiknya yang bermuka elips dengan lubang atau slot di tengah.

Mempunyai konektor USB Type-C bukan berarti kecepatan transfer data anda lebih cepat, karena kecepatan data sendiri bergantung dengan teknologi elektronik pengirim dan penerima data bukan pada teknologi socketnya. Teknologi transferdata melalui kabel USB saat ini yang tercepat adalah USB 3.1. Tentu saja USB Type-C bisa support dengan teknologi transfer USB 3.1 namun ada beberapa ponsel yang masih support kecepatan transfer USB 2.0 meskipun konektornya sudah USB Type-C, termasuk OnePlus 2 dan beberapa smartphone Nexus terbaru.

Bagaimanapun, USB Type-C merupakan konektor masa depan yang selanjutnya akan menggantikan konektor-konektor USB lama.

iPhone-6s-3D-Touch-technology-0013. Layar Dengan Sensor Tekanan (3D Touch)

Huawei merupakan smartphone yang pertama kali diluncurkan memiliki fitur layar bersensor tekanan. Mate S, diluncurkan 5 September 2015 empat hari sebelum Apple mengeluarkan iPhone 6s dan 6s Plus yang terkenal itu, keduanya sama-sama telah menggunakan fitur 3D Touch.

Bermula dari fitur Apple Watch dan MacBook Pro terbaru, Apple akhirnya juga memasangkan teknologi ini pada smartphone barunya. 3D touch memungkinkan pengguna berinteraksi secara berbeda pada layar iPhone 6s dan 6s Plus. Teknologi ini mengukur seberapa tekanan yang diberikan kearah layar yang mampu membedakan sentuhan biasa dan sentuhan lebih keras. Dengan teknologi ini anda bisa mendapatkan antarmuka yang lebih cepat guna mengambil jalan pintas seperti melihat pratinjau email dengan sentuhan ringan atau membukanya dengan sentuhan lebih keras.

Teknologi layar sentuh dengan sensor tekanan sepertinya akan mulai populer tahun ini, dan dikabarkan banyak produsen smartphone yang sudah melirik teknologi ini untuk dipakai pada smartphone terbaru mereka.

screenshot-www youtube com 2016-01-06 11-11-174. Layar Anti Gores dan Pecah

Goresan atau baret di layar kaca smartphone anda menjadi sebuah masalah yang cukup mengganggu. Para pembuat smartphone tahu hal ini dengan jelas. Namun hanya beberapa diantara mereka yang benar-benar bertindak untuk mengatasi masalah ini. Pada Oktober 2015, Motorolla mengeluarkan smartphone dengan teknologi layar anti gores pertama di dunia. Kita sedang membicarakan Droid Turbo 2 atau bisa juga dikenal sebagai Moto X Force.

Droid Turbo 2 hadir dengan apa yang disebut ShatterShield oleh Motorolla. Teknologi ini membuat layar smartphone menjadi terdiri dari 5 lapisan. Lapisan terluar terdiri dari sebuah lapisan pelindung yang teknologinya mampu menangani masalah lekukan maupun goresan dan baret, kemudian lapisan kaca lagi yang melindungi layar dari pecah dan retak, baru kemudian lapisan sensor sentuh, panel AMOLED, kemudian penampang alumunium yang mempertahankan struktur layar agar tetap datar.

Motorolla bahkan menjamin layar Droid Turbo 2 tidak akan pecah dan baret selama 4 tahun waktu yang cukup lama bagi umur sebuah layar smartphone dan sampai sekarang memang terbukti awet. Bahkan dibuktikan dalam video web officialnya Droid Turbo 2 dijatuhkan dari ketinggian 5 kaki tanpa mengalami pecah, baret dan retak, dibandingkan dengan smartphone-smartphone high-end lainnya yang semuanya mengalami pecah kaca seperti LG G4, Galaxy s6/s6 edge, Galaxy Note 5 dan iPhone 6s.

Akan sangat menyenangkan jika layar smartphone ini hadir pada smartphone anda tentunya. Kita berharap teknologi ini juga akan merambah smartphone-smartphone lainnya di 2016 nanti.

Tertarik dengan smartphone berteknologi baru? Pemindai iris, USB Type-C, 3D Touch, ShatterShield bisa anda temukan pada webstore KliknKlik pada laman berikut ini KliknKlik/Smartphone

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.