Android dengan Fingerprint, Perlukah?

Android dengan Fingerprint, Perlukah?

Seperti yang telah diketahui, pada Android terbaru saat ini Android 6.0 yang tak lain juga disebut sebagi Marshmallow, Google menyematkan pembaca sidik jari atau fingerprint secara native pada sistem operasi besutannya tersebut. Meskipun banyak yang mengomentari kehadiran fingerprint pada Android lebih telat dibanding Apple yang sudah lebih dulu ada, namun kehadirannya pada tahun ini sudah sangat baik daripada tidak sama sekali.

Selain sebagai otentikasi untuk membuka kunci handphone, anda juga harus tau bahwa kini fingerprint juga bisa digunakan untuk media otentikasi pembayaran. Sebagaimana Android Pay juga telah meluncur, sistem pembayaran dengan menggunakan sidik jari akan semakin populer mengingat kepraktisan dan kecepatannya.

Bukan hanya itu, fingerprint juga berguna untuk menambah keamanan akses smartphone. Seperti dalam hal pembelian aplikasi pemasangan aplikasi dan lain sebagainya. Jika anda menggunakan pengamanan seperti ini ke dalam smartphone pembelian aplikasi akan semakin lebih mudah. Karena sistem mencegah transaksi saat digunakan oleh orang lain, dalam hal ini anda akan merasa lebih aman jika smartphone anda jatuh ke tanggan orang lain yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan segala akses yang anda simpan pada smartphone anda untuk tujuan-tujuan yang tidak diinginkan. Seperti akses ke kartu kredit, ke akun pembelanjaan dan lain lain.

Namun lain ceritanya saat smartphone tersebut dipegang oleh tangan yang memilikinya, maka anda tinggal melakukan pembayaran atau transaksi-transaksi lainnya hanya dengan sekali tap. Ya cukup simple dan praktis.

Kemudahan, kepraktisan serta kemananan yang seperti inilah yang membuat fingerprint menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Google pun telah menambahkan fitur sidik jari ini kedalam aplikasi market mereka yakni Google Play pada saat artikel ini dibuat.

Dengan fitur yang praktis ini, tidak dipungkiri bahwa nantinya sistem keamanan biometrik akan menjadi populer pada tahun-tahun mendatang dan pengaplikasiannya bukan hanya sekedar pada jual beli saja namun suatu saat bisa saja anda login ke akun game online anda menggunakan sidik jari, atau login ke facebook atau google. Sepertinya hal yang cukup menarik membayangkan hal-hal yang bisa kita lakukan dengan sekali tap.

Namun anda juga harus mengetahui bahwa setiap keamanan pasti memiliki celah, begitu juga dengan fingerprint. Bagaimana jika setelah menyimpan semua akses kemanan anda dengan fingerprint tanpa anda ketahui ternyata informasi sidik jari anda bocor? Anda pasti akan panik karena menggunakan sistem pengaman sidik jari itu artinya kunci anda tidak akan berubah sampai kapanpun kecuali anda menggantinya dengan sidik lain, berbeda dengan password yang setiap saat bisa anda ganti secara berkala sehingga pembobol harus berpikir ulang bagaimana jika password anda telah diganti. Namun dengan sidik jari sudah pasti keamanan anda mungkin belum berubah. Itulah kenapa Google menjamin kerahasiaan sidik jari dengan berbagai cara termasuk enkripsi.

Tidak sabar ingin punya smartphone dengan sidik jari? Yuk berbelanja ke KliknKlik dot com. Kliknklik menyediakan berbagai smartphone dengan fitur terbaru dan terupdate, termasuk smartphone Android yang sudah ada fingerprintnya seperti HTC one M9+, Samsung Galaxy s6 dan masih banyak yang lain.

Tags: android

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.