Apple iPhone, Si Smartphone Fenomenal Yang Mengesankan

Apple iPhone, Si Smartphone Fenomenal Yang Mengesankan

apple iphone|apple iphone

Apple iPhone Series adalah jajaran perangkat Smartphone besutan perusahaan yang bermarkas di Cupertino. Perangkat Smartphone iPhone sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007. Tepatnya pada tanggal 29 Juni 2007, pada perhelatan Macworld Conference & Expo. Generasi pertama yang diberinama iPhone 2G ini langsung diperkenalkan oleh almarhum Steve Jobs.

Revolusi Apple iPhone Dari Masa Ke Masa

  • iPhone 2G

Setelah kabarnya cukup panas terdengar selama beberapa tahun akhirnya pada tanggal 29 Juni 2007 generasi pertama dari iPhone terlahir. Generasi pertama dari Apple iPhone ini diberinama iPhone 2G. perangkat Smartphone pertama dari Apple ini didukung oleh jaringan EDGE dengan teknologi layar sentuh “multitouch” terbesar (pada saat itu). Munculnya iPhone 2G ini dikatakan sebagai revolusi baru dalam dunia perangkat mobile.

Steve Jobs tidak lupa untuk memarkan kecanggihan perangkat andalannya ini yang membuat para pengunjung yang melihatnya pun terkagum-kagum. iPhone 2G ini langsung dibanderol dengan harga yang cukup fantastis kala itu, yaitu sekitar Rp 6.6 jutaan. Namun tentunya harga tersebut terbayar lunas dengan teknologi dan inovasi terbaru yang hadir bersama perangkat tersebut.

Tersedia dalam 2 pilihan kapasitas memori penyimpanan yaitu 4 GB dan 8 GB, Apple iPhone generasi pertama langsung memikat banyak pengguna bukan hanya dari segi kecanggihan namun dari sisi keistimewaan dan juga kemewahan yang bisa dirasakan oleh para penggunanya.

  • iPhone 3G

Di ajang WWDC yang diselenggarakan pada 11 Juli 2008, akhirnya generasi kedua dari iPhone lahir. Inovasi yang pertama kali dilakukan pada generasi kedua Smartphone iPhone adalah peningkatan teknologi jaringan yang didukung. Pada iPhone generasi kedua ini telah mendukung jarring 3G.

Bukan hanya itu peningkatan juga terjadi pada sisi perangkat lunak yang mendukung iphone 3G. iPhone OS 2.0 sudah dilengkapi dengan fasilitas App Store dimana pada fitur ini para pengguna bisa mengunduh berbagai file mulai dari aplikasi,game, music, film dan masih banyak lagi. Pada inovasi ini juga menjadi cikal bakal lahirnya jutaan aplikasi serta permainan untuk platform mobile.

  • iPhone 3GS

Pada 19 Juni 2009 generasi ketiga dari iPhone ini Apple hanya menambahkan huruf S dibelakang nama perangkatnya, yaitu menjadi iPhone 3GS. Hal ini juga menjadi awal dari pola penamaan Smartphone – Smartphone besutan Apple hingga saat ini. Penambahan huruf S ini menandakan adanya peningkatan dari segi internal namun dengan desain yang masih sama dengan generasi sebelumnya, S ini sendiri diambil dari kata Speed.

Iphone 3GS ini juga merupakan perangkat iPhone pertama yang telah dilengkapi dengan fitur perekam video.

  • iPhone 4

Diperkenalkan pada 21 Juni 2010, iPhone generasi keempat atau Apple iPhone 4 ini bisa dibilang merupakan perangkat yang sangat sukses mengambil hati banyak pengguna di seluruh penjuru dunia. Banyak sekali peningkatan yang terdapat pada Smartphone besutan Apple ini, diantaranya adalah penggunaan Retina Display yang dimana layar berukuran 3.5 inci yang dimilikinya sudah mengusung resolusi sebesar 960 x 640 piksel.

Didukung dengan sistem operasi iOS versi 4, yang telah dilengkapi dengan fitur multitasking dan juga fitur video chat atau mungkin yang lebih dikenal dengan sebutan FaceTime. iPhone 4 juga hadir dengan desain yang lebih fresh yang tentunya lebih mewah dibandingkan para pendahulunya.

  • iPhone 4S

Pada 14 Oktober 2011 , Apple kembali menghadirkan versi peningkatan dari iPhone 4 dan sama seperti sebelumnya Apple menambahkan huruf S pada perangkat pembaharuannya ini. Apple iPhone 4S ini sendiri dinilai cukup bersejarah dan menjadi sebuah ikon tersendiri bagi Apple khususnya bagi jajaran Smartphone iPhone. Karena tepat sehari setelah diperkenalkan Steve Jobs menghembuskan nafas terakhirnya.

Sama seperti sebelumnya iPhone 4S juga tetap mempertahankan desain yang digunakan oleh iPhone 4. Hanya ada penambahan pilihan warna putih saja. iPhone 4S ini merupakan perangkat Smartphone pertama dari Apple yang ditawarkan dengan varian warna putih. Sistem operasi yang digunakan oleh iPhone 4S ini adalah iOS versi 5 yang juga mendapatkan peningkatan dibeberapa sisi. Salah satunya adlaah penambahan fitur Siri, layana iCloud, iMessage. Serta merupakan Smartphone pertama yang disokong oleh prosesr dengan inti ganda.

  • iPhone 5

Diumumkan pada 21 September 2012, iPhone 5 hadir dengan perubahan desain yang cukup drastis jika dibandingkan dengan perangkat pendahulunya. Bentuknyamenjadi lebih tipis dan juga lebih ringan, sedangkan layarnya ikut membesar menjadi berukuran 4 inci dengan aspect ratio yang meningkat dari 3:2 menjadi 16:9. Namun kepadatan pixel-nya masih sama yaitu 326 ppi.

iPhone generasi keenam ini sempat megundang kontroversi karena mengemas port baru bernama Lightning, menggantikan port 30-pin yang sudah dipakai sejak era iPod generasi ketiga.

iPhone 5 juga merupakan salah satu iPhone yang bisa dikatakan cukup langka. Hal ini dikarenakan iPhone 5 hanya dipasarkan selama kurang lebih satu tahun saja sebelum akhirnya digantikan oleh iPhone 5C, yang pada dasarnya sama persis tetapi dibalut kemasan plastic dengan pilihan warna yang beragam.

  • iPhone 5S

Melanjutkan tradisi Apple merilis iPhone 5S pada t20 September 2013. iPhone 5S sendiri merupakan perangkat Smartphone Apple pertama yang ditawarkan dalam varian warna emas. Meski tidak ada konfirmasi dari Apple, banyak yang menduga huruf “S” pada namanya melambangkan “Security”, dimana iPhone 5S memperkenalkan sensor sidik jari bernama Touch ID.

Pada kesempatan ini juga Apple dengan bangga memperkenalkan prosesor berarsitektur 64-bit pertamanya melalui iPhone 5S. Performanya yang kencang memungkinkannya untuk merekam video slow-motion untuk pertama kalinya sepanjang sejarah iPhone. iPhone 5S hadir dengan didukung sistem operasi iOS 7 yang mempunyai tampilan sangat berbeda dengan pernagkat iPhone- iPhone pendahulunya sejak generasi pertama.

  • iPhone 6 & iPhone 6 Plus

Benar-benar berbeda dari sebelum-sebelumnya, pada 19 Spetmeber 2014 Apple memperkenalkan langsung dua perangkat iPhone sekaligus. Ukuran keduanya sama-sama membesar, masing-masing hadir dengan dengan layar berukuran 4,7 dan 5,5 inci. Bukan hanya ukuran layar yang membesar, ukuran bodinya pun berubah semakin menipis hingga lensa kameranya harus sedikit lebih menonjol dari bodi. Selain perubahan desain yang sangat radikal, iPhone 6 dan 6 Plus juga pertama hadir sebgai iPhone pertama yang dibekali chip NFC sehingga pengguna bisa menikmati layanan pembayaran elektronik yang disebut Apple Pay.

  • iPhone 6S & iPhone 6S Plus

Apple kembali merilis dua Smartphone terbarunya pada 25 September 2015. Perangkat tersebut adalah iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Keduanya masih mengusung layar sama seperti generasi sebelumnya, masing-masing dengan ukuran layar 4,7 inci dan 5,5 inci tapi sedikit lebih tebal dan bodinya dibalut oleh material aluminium seri 7000 yang lebih kuat.

iPhone 6 Plus lebih tebal 0.2 mm dibandingkan iPhone 6, masing-masing memiliki bobot 143 gram dan 192 gram.

Generasi iPhone ke 9 ini menghadirkan fitur andalan dan teknologi terbaru yang disebut 3D Touch. Hardware ini mirip Force Touch yang dibenamkan di jam tangan pintar Apple Watch sebelumnya.

Fungsi 3D Touch adalah mendeteksi tingkat tekanan yang berbeda pada layarnya. Jadi, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus mampu mengetahui apakah kita menyentuhnya dengan pelan atau keras dan mereseponnya dengan hal yang berbeda pula.

Pada generasi iPhone ini, Apple sudah meninggalkan kamera belakang resolusi 8MP dan meningkatkan kamera depan menjadi 12 megapixel yang mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Apple mengklaim prosesor iPhone 6S, chip A9 dan iOS 9 mampu meningkatkan kinerjanya hingga 70% dan juga performa grafis yang kemampuannya lebih baik 90% dari perangkat-perangkat pendahulunya.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus tersedia dalam tiga varian berdasarkan kapasitas memori yaitu 16GB, 64GB dan 128GB dan pilihan warna yang lebih banyak dan menakjubkan antara lain Silver, Gold, Space Gray dan Rose Gold.

  • iPhone SE

Pada 31 Maret 2016, Apple merilis iPhone Special Edition yang diberinama iPhone SE. iPhone ini memang bisa dibilang hadir sebagai generasi penerus iPhone 6S dan 6S Plus akan tetapi desainnya justru sama persis dengan pernagkat iPhone 5S.

layarnya kembali menyusut menjadi 4 inci, namun spesifikasi iPhone SE bisa dibilang setara dengan iPhone 6S. Ditenagai prosesor A9, setara dengan chip yang terpasang di iPhone 6S dan bodinya sama-sama dilapisi material aluminium.

Sayangnya, ada beberapa fitur yang justru dihilangkan seperti 3D Touch, yang digantikan dengan fitur Touch ID versi pertama. Sedangkan untuk spesifikasi kamera iPhone SE sama dengan iPhone 6S, yaitu 12MP yang mampu merekam video 4K. Para pengguna pun sedikit kecewa dengan resolusi layar iPhone SE karena hampir mirip iPhone 5S, 1136 x 640 piksel.

Konon Apple merilis perangkat iPhone SE sebagai jawaban bagi para pengguna yang tidak begitu suka menggunakan Smartphone dengan layar terlalu besar. Namun  tak sedikit orang juga yang menyebutnya iPhone SE ini sebagai iPhone murah.

  • iPhone 7 & iPhone 7 Plus

Nampaknya merilis dua perangkat sekaligus mulai menjadi tradisi tersendiri oleh Apple. Tepatnya pada 16 September 2016, Apple resmi menggelar sebuah event untuk mengumumkan kelahiran dua iPhone generasi kesepuluh. Kedua iPhone generasi ke 10 itu adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Generasi iPhone ini hadir dengan membawa peningkatan dan penambahan fitur baru mulai dari layar, kamera, prosessor, baterai tahan lama, headphone, kapasitas memori hingga tahan air (waterproof).

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terlihat pada ukuran layarnya, masing-masing dengan ukuran 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 750 piksel dan 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Selain iPhone 7 Series ini juga sudah mengusung layar Retina HD Display yang diyakini akan membuat penggunanya betah berlama-lama menatap layarnya dan sangat nyaman digunakan bermain game ataupun memainkan game.

Ada dua kamera ganda yang dipasang secara terpisah di bagian belakang iPhone 7 Plus yaitu Telephoto dan Wide yang ditujukan untuk memaksimalkan hasil jepretan. Ada berbagai fitur juga yang dihadirkan oleh Apple seperti OIS, Phase Detection Autofocus (PDAF) dan quad-LED True Tone.

Beralasan untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus, Apple memilih menghilangkan port audio 3,5 mm dan menggantinya dengan Lightning. Tombol Home pada iPhone 7 dan 7 Plus ini juga didesain khusus agar menghilangkan suara klik dan terasa bergetar ketika ditekan karena dilengkapi dengan teknologi Taptic Engine.

Prosesor A10 quad-core 64 bit Fusion yang kecepatannya 2x lipat dibandingkan iPhone 6 dan teknologi GPU yang performanya 2 kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6S. iPhone 7 dibekali RAM 2GB dan iPhone 7 Plus 3GB sehingga kamu tidak perlu khawatir mengalami masalah saat bermain game-game dengan resolusi high-end.

Untuk kapasitas memori Apple memberika iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan tiga kapasitas penyimpanan antara lain 32GB, 128GB dan 256GB. Dan juga tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu Silver, Gold, Rose Gold, Black Matte dan Jet Black (hitam mengkilat).

  • iPhone 8 & iPhone 8 Plus

Apple resmi memperkenalkan iPhone generasi terbarunya yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada tanggal 22 September 2017 yang diselenggarkaan di Steve Jobs Theater. Sesuai rumor yang tersebar sebelumnya, dari sisi desain kedua smartphone ini mengusung desain yang tak jauh berbeda dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hanya saja dibalut oleh material kaca di bagian depan dan belakang.

Untuk ukuran layar, iPhone 8 masih memiliki bentang layar 4,7 inci, sedangkan untuk iPhone 8 Plus mempunyai layar sebesar 5,5 inci. Kedua layar perangkat tersebut juga untuk pertama kalinya menggunakan teknologi True Tone Display yang menawarkan pengalaman lebih menarik dengan tampilan gambar lebih nyata.

Apple juga mendesain kedua perangkatnya ini untuk kebutuhan augmented reality, dengan membenamkan sensor accelerometer dan gyroscope baru. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga dipastikan telah mendukung pengisan daya atau baterai nirkabel.

Pada sisi fotografi untuk meningkatkan kemampuan modus portrait di Smartphone ini, Apple turut menghadirkan fitur Portrait Lighting. Dengan fitur ini, para pengguna dapat mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan gambar portrait yang sesuai dengan keingina penggunanya.

  • iPhone X

Untuk menandai usia ke 10 tahund ari jajaran Smartphone iPhone Series, Apple dengan bangga memperkenalkan perangkat iPhone X yang disebut juga edisi spesial karena hadir sangat-sangat berbeda dengan seluruh generasi iPhone sebelumnya.

Hadir dengan konsep desain bezel-less berukuran 5.8 inci, untuk pertama kalinya iPhone menggunakan layar dengan jenis OLED. Dengan mengusung Super Retina Display yang diklaim memiliki kemampuan sangat tinggi dalam menghadirkan tampilan yang jauh lebih nyata serta bodinya berbalut material stainless steel berkualitas tinggi.

Tampilan Super Retina iPhone X ini sendiri memiliki resolusi 2436 x 1125 piksel dan kerapatan 456 ppi. Ini adalah kerapatan piksel paling tinggi sepanjang sejarah iPhone. iPhone X tidak lagi memiliki tombol Home, sedangkan untuk memulai navigasi, pengguna cukup menyapu layar ke atas. Terdapat juga tombol fisik di sisi kanan yang berguna untuk berbicara dengan asisten digital Siri.

Untuk pertama kalinya juga iPhone dilengkapi dengan fitur sensor pemindai bentuk wajah atau yang disebut Face ID. Fitur Face ID ini dimungkinkan oleh algoritma ciptaan Apple yang dipadankan kemampuan TrueDepth di kamera depannya.

Meski penggunanya mengganti gaya rambut, memakai topi, atau memakai kacamata, Face ID dikatakan tetap bisa mengenali wajah pemiliknya. Face ID juga bisa membedakan raut wajah asli dengan foto. Face ID dikatakan lebih aman Dibanding Touch ID. Karena perbedaan sidik jari manusia berbanding 1:50.000, sementara pola wajah berbanding 1:1.000.000. Hal ini membuat keamanan perangkat lebih terjamin dari sebelumnya.

apple iphone

Yang Membuat iPhone Lebih Baik Dari Android

iPhone sendiri dibilang merupakan salah satu jenis smartphone yang terbaik hingga kini. Lupakan harga mahalnya karena meski memiliki kekuarang tersebut, peminat setia iPhone terus menerus berdatangan bahkan ada yang rela mengantre demi mendaptkan perangkat terbaru mereka.

Meski banyaknya smartphone jenis android yang berdatangan dengan harga yang cukup terjangkau, namun minat terhadap iPhone tidak berkurang. Alasan mengapa iPhone masih banyak dicari oleh calon  pembeli adalah memiliki kelebhan yang tidak ada pada perangkat android. Mau tau apa saja? Cek disini :

  1. Keamanan iPhone Lebih Baik Ketimbang Android

Disamping kinerja iPhone yang sangat luar biasa, sektor keamanan pada iPhone terbilang sangat kuat bahkan tidak ada celah sama sekali. Sampai hacker pun jarang sekali bisa membobol fitur kemanannya. Berbanding terbalik dengan sistem keamanan android yang rentan oleh hacker dan memiliki celah yang sangat banyak. Apalagi jika sudah melakukan root pada perangkat android, bersiaplah menjadi target hacker.

  1. Resiko Terkena Malware Sangat Kecil

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dengan sistem kemanan yang tinggi dan hampir sama sekali tidak ada celah, iPhone tidak beresiko terkena malware.

Aplikasi iPhone yang mengandung malware akan segera dihapus oleh pihak Apple. Karena sebelum masuk ke app store-nya, Apple akan memfilter dan mengeliminasi jika ada aplikasi yang mengandung virus tersebut. Dibandingkan dengan android yang semua aplikasi masuk sekalipun mengandung malware. Jadi meski iPhone memiliki aplikasi yang terbatas namun dengan kualitas yang yang terbaik.

  1. Resolusi Kamera iPhone Kecil, Kualitas Setara DSLR

Dari sektor kamera inilah mengapa iPhone menjadi salah satu smartphone terbaik dunia. Dengan kenyataan bahwa resolusi kameranya kecil, namun yang luar biasanya adalah hasil dari jepretannya setingkat dengan DSLR.

Dengan fakta tersebut, Apple mengakalinya dengan sensor yang lebih stabil dan rapih dibandingkan dengan smartphone android. Jadi tidak heran jika kalian memiliki iPhone yang lama, dengan resolusi kamera yang kecil namun hasilnya sangat memuaskan hingga masa kini.

  1. User Interface Yang Simple, Ramah dan Sederhana

Jika dibandingkan dengan android, iPhone terbilang sangat simple dalam tampilan antar mukamua (User Interface) . saking sederhananya, pemegang iphone pertama kali bisa langsng mengerti untuk mengoperasikannya karena untuk menu dan lain2 sudah tersedia dan hanya dalm satu sentuhan saja.

  1. Sistem Operasi Yang Lebih Stabil

Tahu tidak bahwa kebanyakan RAM yang disematkan pada iPhone terbilang kecil. Untuk ukuran 1GB saja, perangkat Apple tersebut sangat stabil. DIbandingkan android dengan RAM 3GB yang masih terlihat kurang stabil dalam kinerjanya.

Mengapa bisa demikian? Karena sistem operasi iPhone yang disebut iOS lah yang menyebaban semua itu. Kestabilan iOS itulah yang membuat iPhone menjadi pilihan utama jika ingin memiliki perangkat dengan kinerja yang memuaskan.

  1. Update Aplikasi Lebih Cepat Dibandingkan Android

Faktanya bahwa aplikasi iPhone lebih diutamakan untuk mendapatkan pembaharuan daripada android. Bahkan lucunya, developer pengembang aplikasi tertentu lebih memilih untuk merilis aplikasinya di iPhone terlebih dahulu dan selanjutnya akan muncul di Android.

Disaat pengguna android menunggu aplikasi baru atau pembaharuan, pengguna iPhone sudah bisa terlebih dahulu untuk menikmatinya.

  1. Desain Lebih Premium Dibanding Android

Dibandingkan dengan android, desain dari iPhone lebih terlihat premium. Kita lihat desain smarphone android sekarang seperti apa? Itu karena terinspirasi dengan desain iPhone. Dari bahan dan beberapa komponennya pun dibuat dengan bahan premium yang menyebabkan kenyamanan saat digenggam.

Kesalahan-kesalahan Fatal Saat Menggunakan iPhone

Tentunya kalian memperlakukan iPhone kesayangan kalian seperti layaknya seorang anak. Namun ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan terhadap iPhone kalian, dimana hal ini merupakan kebiasaan sehari-hari kalian menggunakan iPhone. Apa saja hal tersebut ? berikut merupakan tindakan yang dapat memperpendek umur iPhone kalian :

Matikan iPhone Anda Secara Rutin

Coba untuk mematikan iphone anda setidaknya 1 minggu selama 1 – 7 jam  atau baterai kalian akan cepat mengalami kerusakan. Membiarkannya tetap nyala akan memperpendek umur dari baterai iPhone kalian.

Apabila kalian sering menggunakan Iphone sebagai alarm bangun tidur , cobalah untuk membeli jam alarm murah demi iPhone kesayangan kalian.

Jangan Biarkan Wifi dan Bluetooth Selalu Menyala

Apple iPhone kalian pastinya memiliki 2 fitur yang terkenal menyedot baterai yaitu WiFi dan Bluetooth. Selain terkenal dengan menguras tenaga baterai , 2 fitu ini juga sebenarnya dapat memperpendek umur baterai iPhone. Pastikan saat tidak membutuhkan WiFi atau Bluetooth, kedua fitur tersebut dalam keadaan mati. Hanya nyalakan saja jika  dibutuhkan.

Jangan Gunakan iPhone Di Cuaca Yang Ekstrim

Apple iPhone meskipun termasuk ke dalam kategori smartphone premium, bukan berarti dapat bertahan dengan hawa panas maupun suhu dingin yang ekstrim. Suhu dibawah 32 derajat selsius merupakan suhu yang baik apabila ingin  membawa iPhone kalian pergi keluar.

Suhu panas tersebut dapat memaksa baterai iPhone akan cepat habis. Apabila terpaksa membawa keluar iPhone saat cuaca sedang ekstrim, tetap usahakan agar iPhone berada di dalam saku atau tas.

Membiarkannya Terhubung Dengan Charge Semalaman

Membiarkan iPhone tercolok pengisi baterai semalaman akan membuat iPhone berumur pendek. Meskipun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa hal tersebut bukan merupakan sebuah masalah namun juga banyak yang bilang hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada baterai iPhone anda.

“Sebaiknya cabut iPhone anda dari charger saat persentase pengisian baterai akan menyentuh di 100%” Gizmodo sebuah blog ulasan teknologi terkenal menyatakan hal tersebut. Kalian dapat melakukan charge baterai saat siang hari atau sebaiknya menggunakan colokan listrik yang terdapat fitur timer otomatis.

Charge Sampai Penuh Dan Habis Baterai Hingga Mati

Baterai lithium-ion yang digunakan oleh Apple iPhone memiliki performa terbaik saat kondisi isi baterai berada di 50% sampai dengan 80%. Hal tersebut dikemukakan oleh Shane Broesky yang merupakan founder dari Farbe Technik, sebuah perusahaan yang membuat aksesoris smartphone terkait charger.

Dampak buruk lainnya apabila terlalu berlebihan dalam charge iPhone adalah kinerjanya dalam pengisian baterai akan semakin menurun.

Menggunakan Charger Iphone Non Original

Charger original Apple memang berharga cukup mahal , namun memiliki kualitas yang memang baik dan memang dirancang untuk menunjang performa Apple iPhone pada umumnya.  Berbeda dengan charger non original yang dapat menyebabkan kerusakan secara menyeluruh terhadap kinerja iPhone kalian, mulai dari kerusakan hingga letupan.

Bahkan Apple telah membuat program USB Power Adapter Takeback, yang ditujukan untuk meminimalisir penggunaan charger iPhone palsu.

Tidak Membersihkan Kotoran Pada Iphone

Smartphone merupakan tempat berkumpulnya kotoran yang berasal dari tangan dan muka penggunanya. Hal ini mirip dengan tempat duduk di toilet yang memiliki kumpulan bakteri di permukaannya. Pihak Apple sendiri merekomendasikan agar kalian menggunakan bahan yang lembut untuk mengusap permukaan iPhone

Jangan lupa juga membersihkan lubang-lubang seperti koneksi, colokan baterai hingga headset, sehingga tidak akan mengganggu kinerjanya saat kalian menggunakan port koneksi tersebut.

Berjalan Di Keramaian Mengundang Perhatian

Sadar maupun tidak sadar Apple iphone merupakan komoditas paling panas di black market dan merupakan target utama dari pencuri. Sekitar 40% dari perampokan, pencopetan di kota-kota besar melibatkan dan merupakan pencurian smartphone.

Berjalan di keramaian kota besar dengan membawa iphone kalian dan menyimpannya di sembarang tempat yang gampang terlihat merupakan hal yang harus dihindari. Hal tersebut dapat mengundang orang untuk berbuat jahat kepada kalian.

Tidak Melindungi iPhone Anda Dengan Kata Sandi

Setengah dari pengguna Apple iPhone ternyata tidak menggunakan fitur pengunci pada iphone mereka. Laporan ini dirilis oleh pihak Apple di tahun 2013 lalu. Apabila kalian tidak memiliki pass kode pada Iphone, saat device tersebut dicuri maka kemungkinan besar identitas personal secara mudah diketahui dan disalah gunakan oleh si pencuri. Jangan lupa untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur kunci tersebut untuk antisipasi.

Membiarkan Location Service Selalu Menyala

Aplikasi seperti Gojek, Uber dan Google map memerlukan akses “ location service” apabila kalian ingin menggunakannya. Aplikasi tersebut akan secara otomatis untuk memberitahukan bahwa fitur tersebut harus diaktifkan. Beberapa rekomendasi menyarankan agar fitur location service hanya dinyalakan saat kalian benar-benar memerlukannya saja ( sama halnya seperti WiFi dan Bluetooth) .

Untuk pengaturan hal tersebut, kalian dapat mengaturnya pada Settings > Privacy > Location. Dan apabila kalian tidak menggunakannya lagi segeralah dimatikan. Fitur ini menggunakan daya baterai yang cukup besar sehingga akan membuat baterai terkuras habis apabila terus dinyalakan.

Membiarkan Semua Aplikasi Memiliki Notifikasi

Push notification merupakan fitur agar kalian dapat mengetahui hal penting pada aplikasi yang ter-install di iPhone. Fitur tersebut memerlukan koneksi ke internet dan juga membawa Apple iPhone ke mode high alert yang secara tidak langsung juga dapat menguras daya baterai anda.

Display dari Apple iPhone pun akan menyala untuk setiap notifikasi yang muncul dan tentunya hal tersebut juga akan mengambil daya cukup besar dari iPhone. Bahkan beberapa peneliti iPhone telah menemukan fakta mengejutkan bahwa fitur notifikasi tersebut dapat menghancurkan konsentrasi anda saat anda sedang fokus.

kalian dapat mengaturnya Settings > Notifications dan pilih aplikasi-aplikasi yang hanya benar-benar perlu saja sehingga tidak memecah konsentrasi kalian berikut daya tahan baterai iphone juga akan bertahan lebih lama.

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.