Instant Apps Fitur Yang Bikin OS Selain Android Ketar-ketir

Instant Apps Fitur Yang Bikin OS Selain Android Ketar-ketir

|

Instant Apps merupakan gagasan Google untuk bisa streaming apps secara langsung dari ponsel tanpa perlu mengunduh keseluruhan apk. Jadi anda bisa mencoba sejenak seperti apa aplikasi yang ingin anda pasang sebelum anda memutuskan untuk menginstallnya. Instant Apps rencananya bisa diakses melalui link URL sehingga anda bisa membagi dan menyarankan aplikasi kepada teman dengan mudah.

Instant-Apps-working-1

Untuk bisa mencapai hal ini, Android bekerja seperti halnya melakukan straming video yakni dengan mengunduh bit demi bit proses program yang dijalankan secara online. Ini merupakan ide yang cukup bagus ditengah perkembangan teknologi cloud processing, dan secara serius kedepannya hal semacam ini bakal menjadi sesuatu yang permanen atau umum digunakan. Streaming aplikasi bakal menambah pengalaman pengguna perangkat mobile, terutama dalam konteks kecepatan download yang sekarang semakin cepat. Semua pengembang juga bakal turut andil membangun ekosistem cloud processing dengan mengubah aplikasi mereka agar bisa dijalankan secara online.

Meskipun dibutuhkan tambahan code agar aplikasi dari para pengembang bisa dijalankan secara online namun Google berpendapat bahwa proses tersebut tidaklah terlalu rumit, para pengembang kira-kira hanya membutuhkan waktu satu hari untuk bisa mengubah aplikasi yang bisa dijalankan secara streaming karena semua pengaturan ini akan bergantung pada Android itu sendiri. Namun tetap pada beberapa kasus dimana aplikasi sedikit lebih kompleks dan rumit akan lebih banyak kode yang diubah dan itu akan membutuhkan beberapa hari atau minggu.

Fitur Instant Apps ini akan bekerja pada Android dengan level API minimal 16 atau yang kita kenal dengan Android 4.1 Jelly Bean. Dan berdasarkan pada statistik, Android Jelly Bean keatas setidaknya sudah memenuhi 96% populasi Android di dunia ini pada 2016. Itu artinya tidak adalagi keraguan bagi pengembang untuk bisa segera merealisasikan fitur tersebut.

Singkat kata jika fitur ini benar-benar akan direalisasikan, dalam waktu singkat akan terjadi perubahan yang cukup besar baik bagi pengembang maupun pengguna untuk merasakan ekosistem baru dimana era aplikasi online mulai berjalan. Ini akan menjadi keuntungan yang besar bagi Android.

Era Aplikasi Online?

Jika anda bisa mengunduh bagian dari aplikasi yang anda perlukan saja daripada mengunduh smuanya, bukankah itu lebih baik? Dalam kasus Instant Apps, aplikasi-aplikasi akan menghadapi keuntungan sekaligus kerugian. Keuntungan jika aplikasi yang dibuat banyak direkomendasikan orang dan secara cepat akan menyebar ke perangkat-perangkat, kerugian jika aplikasi yang dibuat tidak banyak menarik perhatian pengguna dan dianggap tidak penting maka pengguna tidak akan memasang aplikasi tersebut di ponsel mereka dan mungkin hanya akan diakses sesekali jika diperlukan. Namun keuntungan jelas ada pada pengguna dimana tidak banyak space yang bisa digunakan untuk menginstall aplikasi akan sangat terbantu untuk menyimpan aplikasi yang sering digunakan dan menghiraukan aplikasi yang jarang digunakan, dan nantinya bakal ada daftar rekomendasi aplikasi yang layak dipasang offline. Selain itu iklan-iklan yang sering muncul dari aplikasi yang terpasang di handset bakal bisa diminimalisir.

Tertarik menggunakan Android? yuk simak ponsel Android terbaru dan terupdate keluaran tahun ini hanya di kliknklik.com

kliknklik

See all posts

Leave a Reply