IoT(Internet Of Things) Dan Penerapannya Pada Kehidupan Sehari-Hari

IoT(Internet Of Things) Dan Penerapannya Pada Kehidupan Sehari-Hari

IoT|IoT E-Tilang|IoT Smart street lighting|IoT One card|IoT Manhole|

Sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan IoT tanpa memerlukan interaksi manusia dan komputer.

Internet Of Things(IoT) telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, dan internet. Memiliki potensi untuk mengubah dunia seperti internet, bahkan lebih baik untuk masa depan.

Kini sudah banyak pengembangannya dengan memanfaatkan development board seperti Arduino,Raspberry Pi, Intel Addison mendorong para creator berinovasi di sektor IoT ini.

Contoh Penerapan Internet of Things pada kehidupan manusia sehari-hari:

IoT(Internet Of Things)

Sistem E-Tilang

IoT E-Tilang          sumber : times indonesia

Penerapan sistem tilang ini menerapkan banyak CCTV disetiap lampu merah dan persimpangan kota yang dimana terkoneksi dengan data center di Kepolisian, yang merekam nomor polisi pelanggar lalu mencocokannya dengan BPKB pengguna lalu polisi akan mendatangi rumah pelanggar lalu melakukan tilang.

Sistem ini terbilang cukup efektif untuk mengurangi pelanggar lalu lintas dan cocok untuk diterapkan di banyak kota besar di Indonesia. Diharapkan dengan adanya sistem ini pelanggar akan berkurang.

Smart Street Lighting System

IoT Smart street lightingsumber : google

Untuk menghemat penggunaan energi listrik yang tinggi Smart street ini akan mengganti lampu penerangan di jalan yang sebelumnya menggunakan lampu biasa menjadi lampu yang lebih “smart“. Lampu yang akan dikendalikan jarak jauh dan bisa memberikan notifikasi apabila sudah harus diganti.

Jakarta One Card

IoT One card                sumber : tribunnews.com

Jakarta One card adalah sebuah “kartu pintar” yang bisa berfungsi sebagai e-KTP, alat pembyaran ketika berbelanja, serta kartu BPJS. Pemerintah Jakarta menggandeng Bank DKI dalam pembuatan Jakarta One Card.

Dengan adanya satu kartu untuk semua layanan di kota ini masyarakat tidak perlu banyak keluar biaya dan waktu untuk melakukan pembayaran sesuai dengan kebutuhannya.

Connected Manhole

IoT Manhole    sumber : worksmagazine

Internet of things yang diterapkan pada smart city berguna untuk memantau temperatur gorong-gorong yang ada di bawah tanah kota. Karena tidak hanya sebagai saluran drainase, namun untuk menyimpan kabel dan jalur pipa gas.

Waste Management

          sumber : google

Waste management, untuk memonitor volume sampah di suatu tempat penampungan yang bisa dipantau dari jarak jauh. Petugas kebersihan tak perlu mendatangi tempat sampah warga untuk memeriksanya karena terbantu adanya Internet Of Things pada perangkat smartphone dan sistem sensor yang terdapat pada truk sampah.

Penerapan Internet of things (IoT) sangat membantu pekerjaan ini bisa jadi terobosan baru untuk keberlangsungan hidup manusia. Dengan begitu infrastruktur di Indonesia perlu diperbaiki dan masyarakat siap dengan kemunculan teknologi ini. Karena hampir setiap orang mempunyai perangkat Harga Smartphone di genggamannya.

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.