Mengenal Berbagai Jenis Baterai Gadget Anda

Mengenal Berbagai Jenis Baterai Gadget Anda

|

Berbagai perangkat Gadget yang sering anda jumpai saat ini mayoritas telah di lengkapi oleh Baterai Rechargeable. Namun meski mengusung tipe yang sama baterai – baterai tersebut memiliki jenis yang berbeda seperti NiCD, NiMH, Li-ion, dan Li-Po. Setiap jenisa baterai memiliki kelebihan dan kekurangan serta cirri khasnya masing – masing. Berikut ini adalah pengertian dari masing – masing jenis baterai Rechargeable.

otreh

NiCD

Baterai NiCD atau Nickel Cardimium Battery  ini merupakan komponen baterai yang memiliki kapasitas paling besar diantara yang lainnya. Baterai NiCD ini pun merupakan generasi tertua dari baterai rechargeable. Dulu baterai ini sangat menjadi pilihan utama bagi para produsen perangkat Ponsel namun kini posisinya mulai tergantikan karena ukurannya yang cukup besar dan beratnya yang cukup membebani perangkat yang mayoritas kini memiliki ukuran yang kecil dan ramping.

Pada proses perawatan pun baterai ini cukup sulit karena harus diisi ketika kondisi baterai memang benar- benar kosong. Jika proses pengisiannya tidak dilakukan dengan prosedur yang benar akan menurunkan kapasitas dari baterai dan berakhir dengan mati total.

NiMH

NiMH atau Nickel Metal Hydride adalah merupakan generasi baterai yang lebih ramah lingkungan dan juga memiliki perubahan ukuran dibandingkan generasi sebelumnya yaitu menjadi lebih kecil dan memiliki bobot yang lebih ringan. Meski memiliki julukan ramah lingkungan tetap saja para pengguna tidak boleh membuang baterai ini secara sembarangan karena ada proses daur ulang khusus untuk mendaur ulang baterai berjenis NiMH ini.

Dalam perawatan baterai berjenis NiMH ini memiliki kesamaan seperti generasi sebelumnya yaitu baterai NiCD yaitu proses pengisian harus dilakukan ketika baterai dalam keadaan kosong jika tidak maka akan menurunkan kapasitas dari baterai itu sendiri.

Li-Ion

Li- Ion merupakn singkatan dari Lithium Ion. Baterai jenis ini merupakan baterai yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai produsen ponsel dan gadget. Baterai jenis Li- Ion ini memiliki cara kerja yang cukup berbeda dengan dua generasi sebelumnya yaitu baterai in ibisa diisi meski kondisi baterai tidak pada kondisi kosong. Serta baterai ini pun tidak memiliki memori effect seperti dua generasi sebelumnya.

Baterai ini dapat bertahan sesuai dengan berapa banyak anda melakukan pengisian daya baterai tersebut. Semakin sering maka akan semakin menurunkan performa dari baterai tersebut, selain itu juga kelebihan waktu saat isi ulang atau overcharge juga dapat menurunkan performa dan kapasitas dari baterai jenis ini.

Li- Po

Li- Po atau Lithium Polymer merupakan generasi paling baru dari jajaran baterai. Baterai jenis Li- Po ini memiliki tegangan muali dari 2.7 sampai 4.23 volt, baterai ini juga telah dirancang khusus agar membatasi tegangan pada titik 4.35 volt agar tidak terjadi overcharge.

Untuk perawatan baterai jenis ini berbalik dengan baterai NiCD dan NiMH yang harus menunggu hingga kondisi kosong, baterai ini justru sangat disarankan untuk tidak pernah mencapai kondisi baterai kosong. Karena jika baterai dibiarkan hingga mati karena kehabisan baterai dapat menurunkan performa dari baterai ini selamam beberapa saat meski telah diisi secara penuh kembali.

Untuk mengetahui informasi menarik dan terbaru lainnya dapat anda lihat di Website dan Blog resmi Kliknklik.com, atau anda juga dapat langsung mengunjungi link berikut ini : http://kliknklik.com/

Follow me at Google+

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.