Apa saja yang baru di Android 6.0 Marshmallow

Apa saja yang baru di Android 6.0 Marshmallow

||||||||||

Google baru saja merilis sistem operasinya yang terbaru dan bagi anda yang berada di Indonesia bisa mencicipi sistem opeasi ini pada handset Android murah, Android One Infinix Hot 2 yang dijual dengan harga bervariasi antara 1,25 – 1,3 jt di toko-toko online atau pusat perbelanjaan smartphone.

Seperti apakah OS Android 6.0 Marshmallow yang baru? Artikel ini akan memberitahukan kepada anda apa saja yang baru di Android 6.0.

Menu App
Jika anda masuk pada menu Marshmallow, anda akan menjumpai icon-icon app tidak discroll ke kanan, melainkan semuanya dikumpulkan menjadi satu halaman dan anda harus menggulirnya ke bawah. Menu ini mirip sekali dengan menu Windows Phone dengan ciri khas Abjad Index yang muncul di samping scroll.

Picture1
Search apps…
Di atas menu anda menjumpai kotak pencarian yang berguna untuk mengetikkan secara singkat aplikasi apa yang anda tuju sehingga anda tidak perlu repot-repot mencari dan menggulir di tengah-tengah puluhan icon app. Selain itu, kotak pencari ini juga berfungsi untuk menacari aplikasi yang belum terinstall namun masih berada di Google Play.

Picture2
Aplikasi favorit
Pada baris pertama akan ada empat aplikasi yang sering anda pakai

Folder
Seperti versi sebelumnya anda tidak bisa membuat folder di dalam menu app, anda hanya bisa membuat folder di homescreen.

Memory Manager
Pada Android 6.0 anda akan menemukan utilitas memory manager yang terinstall secara default sebagai bagian dari system. Memory manager ini membantu anda untuk mengetahui banyaknya sumberdaya yang terpakai oleh aplikasi-aplikasi yang anda install. Anda bisa melihat penggunaan RAM selama 3, 6, 12, 24 jam terakhir sehingga anda bisa mengetahui mana aplikasi-aplikasi yang seharusnya tidak anda install yang hanya memenuhi ruang kerja RAM.

Picture3

Tulisan di Lock Screen
Masih ingat zaman nokia dulu? Banyak orang sangat tertarik untuk menuliskan kata-kata yang diterapkan untuk mode kunci tombol. Anda akan selalu melihat kata-kata ini saat hendak membuka handphone. Pada Android 6.0 anda bisa mengulangi pengalaman itu lagi, Lock Screen Android 6.0 bisa anda tambahkan dengan tulisan-tulisan yang bisa anda edit sendiri, seperti misalnya kata-kata inspirasi, kata-kata bijak atau mood yang ingin anda bangun melalui Lock Screen ini.

Picture4
Optimasi Baterai
Pada Android 6.0 anda bisa mengatur optimasi baterai untuk semua aplikasi, yang bisa anda lakukan adalah mengatur aplikasi mana yang penting sehingga boleh berjalan di latar belakang dan mengakses data ataukah aplikasi mana yang sebenarnya tidak penting namun seringkali hanya memboroskan baterai.

battery-optimization-list-100621944-medium

Menu Volume
Android 6.0 membagi pengaturan volume untuk beberapa keperluan seperti misalnya nada dering saat anda menerima telepon, media ketika anda mendengarkan musik atau menonton video dan alarm ketika anda harus bangun di pagi hari, dengan pemisahan pengaturan volume ini diharapkan anda tidak ketinggalan bunyi alarm ketika anda sedang tidak ingin mendengar dering panggilan masuk atau dalam mode silent.

Picture5
Pemindai Sidik Jari
Mesin pemindai sidik jari telah menjadi bagian dari Android 6.0, jadi anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk bisa membaca sidik jari, tentu saja smartphone yang anda pakai harus sudah support fingerprint scanner untuk bisa menjalankannya. Fitur sidik jari ini sangat berguna untuk transaksi pembayaran maupun hal-hal yang bersifat privasi seperti data pribadi maupun sekedar untuk mengunci handphone.

Google Now
Melalui Marshmallow, Google telah mengembangkan Google Now menjadi lebih mudah, anda bisa memanggil Google Now kapan saja dengan mengatakan ‘OK Googling’, fitur ini membantu anda mencari apa saja yang ada di Smartphone seperti Googling informasi, mencari navigasi peta, menelpon seseorang dan masih banyak yang lainnya. Fitur ini sangat bermanfaat terutama ketika anda sedang mengemudikan kendaraan.

now-c

Pengamanan Ekstra
Pada Android sebelumnya, permission atau apa saja yang boleh dilakukan oleh aplikasi muncul pertama kali saat anda hendak menginstall aplikasi tersebut. Pada Android 6.0 permission ini tidak langsung muncul saat menginstall aplikasi namun akan muncul ketika anda sedang menjalankan aplikasi tersebut seperti misalnya aplikasi yang meminta izin mengakses kamera atau menyalakan data akan muncul sebagai pop-out menu. Fitur ini sangat berguna untuk memberitahu para pengguna apa saja yang dilakukan oleh aplikasi, dengan begitu pengguna tidak akan terkecoh dengan aplikasi yang sebenarnya merusak dan diam-diam bekerja di latar belakang tanpa kita ketahui apa yang sedang ia lakukan.

Picture6

Dukungan untuk USB Type-C
Salah satu fitur yang penting bagi Android 6.0 adalah dengan didukungnya sistem USB Type-C sebagai konektor yang reversibel. USB Type-C disebut sebagai konektor usb masa depan dimana pengguna tidak lagi dipusingkan dengan antarmuka yang salah sisi. Selain itu dukungan untuk standar transmisi USB 3.1 juga penting demi membawa kecepatan transmisi yang 40 lebih cepat daripada konektor USB 2.0 saat ini.

Picture7

Doze
Ini dia fitur yang ditunggu-tunggu para pecinta smartphone. Android Marshmallow memperkanal fitur yang mampu mendeteksi jika perangkat sedang tidak digunakan oleh user hal ini dilakukan untuk membantu menghemat daya. Google mengatakan fitur ini telah diuji coba pada Nexus 9 dan diklaim mampu memperpanjang nyala baterai hingga dua kali lipat daripada biasanya. Anda masih tetap akan mendapatkan notifikasi pesan meskipun smartphone anda sedang dalam mode Doze.

Picture8
Itulah beberapa fitur Android 6.0 kita bahas kali ini. Android 6.0 menawarkan berbagai peningkatan terutama untuk sektor pemakaian sumber daya, dengan adanya fitur-fitur ini diharapkan smartphone akan lebih lama menyala ketimbang yang selama ini kita pakai.

Tertarik dengan Smartphone Android 6.0? Temukan smartphone yang sudah ber-OS Android 6.0 hanya di KliknKlik.com pada laman berikut ini: KliknKlik/Smartphone-Android

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.