Mana yang lebih bagus, Android M atau iOS 9?

Mana yang lebih bagus, Android M atau iOS 9?

Beberapa bulan terakhir ini Google dan Apple baru saja meluncurkan update OS smartphone terbaru mereka. Android Marshmallow diluncurkan Oktober ini dan masih terus diperbaiki sedangkan iOS 9 meluncur September lalu sekaligus mendatangkan iPhone terbaru mereka 6s dan 6s plus meskipun banyak beredar berita tentang bugs yang ditemukan pada iPhone 6s ini.

Kedua perangkat lunak ini tentu saja layak diperbincangkan, mengingat keduanya saling berebut hati para pecinta smartphone. Lalu manakah yang lebih baik antara iOS 9 dan Android M? Yuk kita simak artikel berikut ini:

Interface

Android M dan iOS 9, sekilas mempunyai interface yang hampir sama dalam hal icon apps dan mempunyai widget dengan ciri khas mereka sendiri-sendiri. Kedua OS juga tidak mengalami banyak perubahan antar muka dari seri pendahulunya. Ada beberapa tweak kecil di masing-masing update ini (seperti font baru di iOS 9), namun secara keseluruhan Android M mempertahankan nuansa tampilan Android L dan iOS 9 mempertahankan nuansa dan tampilan iOS 8 dan iOS 7.

Baterai

Banyak orang masih mempertahankan anggapan bahwa masalah baterai hanyalah masalah hardware kapasitas baterai yang anda pasang. Namun peran operating sistem juga mempengaruhi bagaimana sistem bisa menyedot sumberdaya lebih dari baterai. Kedua perangkat lunak Android M dan iOS 9 sama-sama menciptakan fitur penghemat daya.

Doze milik Android M bekerja dengan cara mendeteksi motion sensor perangkat, apabila motion sensor sedang terdiam itu pertanda bahwa handphone sedang tidak digunakan dan secara otomatis fitur Doze ini akan menghemat pengeluaran daya. Low Power Mode pada iOS 9 tidak bekerja dengan cara demikian, namun Apple menyuguhkan pengguna dengan sebuah tombol hemat daya yang membuat sistem benar-benar menghemat baterai pada mode ini. Banyak yang mengatakan iOS pada umumnya selalu lebih hemat daya daripada Android.

Digital Asistan

Sebuah fitur baru yang disematkan pada iOS 9 adalah Proactive dan peningkatan SIri. Proactive adalah layar yang mempelajari aplikasi apa saja yang sering anda buka atau kontak yang sering anda hubungi, kemudia dia akan memunculkan aplikasi atau kontak tersebut dalam bentuk shortcut ketika dia berpikir anda akan membutuhkannya.

Android memiliki Google Now (saingan Siri) untuk saat ini dapat dikatakan Google Now masih lebih baik dan akurat dibanding dengan Siri. Selain itu Google meningkatkan Google Now ini dengan menghadirkan Google Now on Tap, yang membuat fitur Google Now bisa digunakan saat anda sedang berjalan pada aplikasi lain, sehingga Google bisa lebih memahami pencarian anda berdasarkan konteks atau aplikasi yang sedang anda pakai sehingga menghasilkan hasil pencarian yang lebih relevant. Google masih memimpin di daerah ini.
Kompatibilitas

iOS 9 mendukung kompatibilitas dari 8 model iPhone, yang artinya iOS 9 mampu berjalan pada perangkat hingga iPhone 4s yang mana merupakan perangkat yang sudah berusia lima tahun. Sedangkan Android M tidak akan berjalan pada perangkat yang beberapa tahun sudah ketinggalan. Dan karena Google juga tidak memaksakan vendor untuk mengupgrade perangkat lunak dari handset mereka, itu berarti kebanyakan pengguna juga tidak akan mendapatkan update Android ini, mereka harus puas dengan mengganti handset mereka dengan yang baru. Kecuali jika anda memakai smartphone terbaru dari vendor ternama seperti (Samsung, HTC, LG), mungkin masih terdapat kesempatan anda akan mendapatkan update terbaru Marshmallow.

Privasi

iOS 9 tidak memiliki fitur-fitur pelingdung data baru, dan berharap iOS 9 mampu melindungi data anda dengan sama baiknya pada versi lawas.

Di sisi lain Android M melakukan update pada fitur keamanan ini, dimana pengguna akan memiliki hingga delapan perizinan yang bisa diatur ketika menggunakan aplikasi. Diantaranya seperti izin untuk menggunakan mikrofon, kontak, data kesehatan dan banyak lagi. Hal ini patut disambut dengan baik.

Biometrik dan Mobile Payment

Di Android M, Google Wallet telah diganti nama menjad Andoid Pay – yang mana sangat jelas untuk bisa disejajarkan dengan Apple Pay. Dan meskipun keduanya memberikan layanan yang sama namun hal baik yang perlu diketahui adalah Android Pay kini mendukung penanganan fingerprint secara native, sehingga nantinya akan lebih banyak perangkat android yang keluar yang sudah support dengan aplikasi pembayaran ini. Sedangkan pada iOS 9, Apple justru mengganti nama aplikasi dompetnya dari Apple Passbook menjadi Apple Wallet. iOS 9 juga mendukung pembayaran elektronik ini menggunakan Touch ID mereka.

Kesimpulan.

Kedua perangkat lunak ini sama-sama saling mengejar ketinggalan mereka satu sama lain dengan cara saling meminjam fitur-fitur unggulan. Bisa dibayangkan pada masa mendatang kedua platform akan menyuguhkan fasilitas yang hampir identik satu sama lain.

Jadi menurut anda manakah yang lebih baik? Android ataukah iOS? Jika anda mencari perangkat Android terupdate anda bisa melihatnya pada laman berikut ini: KliknKlik/Android
Untuk anda penggemar setia Apple, anda bisa membeli smartphone Apple dengan mudah dan nyaman melalui web store Online KliknKlik pada laman berikut ini: KliknKlik/Apple-Smartphone

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.