Microsoft Hadirkan Ubuntu Bash Shell ke Windows 10

|||

Picture1

Sebuah kabar mencengangkan datang dari Microsoft pada acara BUILD 2016 (3/30/2016), Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Canonical untuk menghadirkan Command Line Linux ke Windows 10 secara built-in.

Kehadiran shell Linux ke Windows sendiri bukan tanpa alasan, Microsoft meniai tools-tools di Linux sangat dibutuhkan oleh para pengguna developer (mengingat desktop Linux sangat digandrungi oleh pengembang perangkat lunak ketimbang Windows). Dengan menghadirkan tools atau perangkat perangkat lunak yang sering dipakai oleh para pengembang, alhasil Windows dapat menarget para pengembang ini untuk menggunakan Windows daripada Linux.

Bash ini nantinya akan berjalan di Windows secara bit by bit dan terintegrasi secara penuh, bukan lagi menggunakan mesin virtual atau emulator.

Picture2

Dalam sebuah blog post milik Dustin Kirkland seorang developer di Canonical Ubuntu juga mengatakan tentang proyek ini. Beliau menghadiri acara konferensi tersebut dan menulis beberapa posting di blog.

“Minggu ini Saya sedang berada di San Francisco untuk menghadiri acara konferensi Microsoft Build developer, yang disponsori oleh Microsoft.”

“Ini mungkin sangat aneh bagi Saya, mengingat Saya sendiri tidak pernah menggunakan Windows sejak 16 tahun terakhir. Namun hal tersebut berubah sejak beberapa bulan yang lalu, dimana saya menjadi bagian dari proyek super rahasia (dan benar-benar sulit dipercaya) antara Microsoft dan Canonical sebagaimana diresmikan pada hari ini dalam konferensi Build… sebuah user space dan bash shell Ubuntu, dijalankan secara native di Windows 10 command prompt exe!” tulis Dustin dalam blog post nya.

Picture3

Penggunaan bash Linux di Windows akan mempermudah para developer khususnya untuk menyiapkan segala environtment yang mereka butuhkan untuk mengembangkan perangkat lunak, seperti kita tahu jika anda adalah pengguna Linux anda bisa menginstall berbagai software pengembang seperti Python, Ruby, PHP, Apache dan masih banyak yang lainnya dengan menggunakan perintah apt-get. Pengguna juga bisa menggunakan perintah-perintah bermanfaat laiinya seperti wget, curl, grep, ssh dan masih banyak lagi.

berikut adalah tampilan start menu Windows setelah menginstall Ubuntu

image_3845fd8f-4481-4b4d-b3dc-f595cf47b2af

Sistem ini masih dalam tahap pengembangan kerjasama Microsoft dan Canonical dan masih terdapat beberapa hal yang belum sempurna, tetapi sedikit lagi anda sudah bisa merasakan bash shell Linux di Windows 10.

Apakah anda seorang developer? Jika anda tertarik menggunakan Windows 10 asli, anda bisa membeli windows 10 Pro asli tanpa bajakan di website resmi KliknKlik.com pada laman berikut ini Windows 10 Pro dengan harga Rp 3.499.000.

kliknklik

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.