Mobile Legends Bang-Bang: Moba Fenomenal!

Mobile Legends Bang-Bang: Moba Fenomenal!

|Mobile Legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|Mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|Mobile legends|Mobile Legends|Mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobile legends|mobie legends|mobile legends|mobile legends

Siapa yang tidak kenal dengan Mobile Legends, yang merupakan sebuah permainan berjenis MOBA yang dirancang untuk bermain di smartphone. Game mobile yang sangat digandrungi oleh anak-anak hingga dewasa ini memiliki peringkat top 3 untuk top free apps di google play store. MOBA sendiri merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena, yang bisa diartikan permainan yang menggunakan arena dengan multi pemain secara online.

Table Of Content

  • Tentang Mobile Legends
  • Mode Permainan

Mobile Legends Bang Bang: Moba Fenomenal!

Tentang MOBA

MOBA merupakan turunan kategori dari permainan strategi yang bermula sebagai subgenre strategi real time/ waktu nyata, dimana seorang pemain mengendalikan satu karakter dalam sebuah tim yang bertarung melawan tim pemain lainnya. Tujuan utamanya adalah untuk menghancurkan struktur/bangunan utama tim musuh dengan bantuan unit-unit yang dikendalikan oleh komputer.

mobile legendsKategori game seperti ini pertama kali dipelopori oleh Aeon of Strife (AoS) dalam custom game pada permainan PC legendaris StarCraft. Dimana terdapat empat pemain yang masing-masing mengendalikan satu unit dibantu oleh unit-unit yang dikendalikan komputer.

Aeon of Strife (AoS)

Kemudian kategori ini dikembangkan ke dalam custom game Defense of the Ancients (DotA) dalam permainan Warcraft III: The Frozen Throne. Game ini kemudian menjadi permainan bergenre MOBA pertama yang dikenal secara luas dan banyak sekali dijadikan ajang turnamen secara resmi.

Terinspirasi dari DotA , beberapa developer game ikut mengeluarkan game MOBA seperti League of Legends dan Heroes of Newerth. Kemudian juga muncul sekuel DotA di luar Warcraft III yang disebut Dota 2, serta permainan-permainan lain seperti Heroes of the Storm dan Smite.

Sekilas Mobile Legend Bang Bang

Dirilis pada tanggal 11 juli 2016 oleh Moonton , Mobile Legends: Bang Bang memiliki tujuan permainan dimana kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri. Permainan ini diadakan di arena/map yang memiliki 3 jalur yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis kedua tim.

Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan karakter, yang dikenal sebagai “hero”. Setiap hero memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dalam skill, daya tahan hingga kecepatan menyerang.

Selain hero juga terdapat karakter yang disebut Minion yang dikendalikan oleh komputer. Minion ini secara otomatis akan bertempur melawan minion musuh dengan jumlah yang sudah diset oleh komputer di setiap jalur pada arena/map ( Top, Middle dan Bottom).

Moonton Sang Developer

Dibalik game Mobile Legend, terdapat nama Moonton yang merupakan developer android yang aktif sejak tahun 2016 yang juga pencipta dari game tersebut. Developer yang beralamat di Kuala Lumpur , Malaysia ini benar-benar meraup untung yang fantastis. Dengan rata-rata pemain perhari lebih dari 10 juta pemain online, berdasarkan data dari sensortower.com developer ini bisa meraup keuntungan sekitar 3 milliar dollar per bulan maret 2018.

Mobile LegendsGame ini memiliki sumber dana utama dari transaksi online seperti dari penjualan skin, hero dan pengguna yang menjadi star light member dimana terdapat biaya bulanan.

Harga termahal ada pada skin, dimana harga dari skin ini ada yang dijual hingga 2 juta rupiah. Skin merupakan kostum hero yang dibuat khusus berdasarkan tema tertentu dimana apabila terdapat hero yang menggunakan skin ini, akan memberikan efek grafis yang berbeda pada setiap skillnya (berikut sedikit tambahan nilai serangan untuk setiap heronya).

Dituduh Plagiat : Digugat 150ribu dollar AS

Riot Games, perusahaan pencipta permainan PC League of Legends, mengajukan gugatan pada tanggal 11 Juli 2017 terhadap pengembang Mobile Legends: Bang Bang Shanghai Moonton Technology ke Pengadilan Negeri California di amerika serikat karena diduga telah melanggar beberapa hak cipta dalam permainan tersebut.

Pelanggaran tersebut antara lain seperti yang dilaporkan mencakup logo, karakter, rancangan peta, dan rancangan hero. Tidak tanggung-tanggung pihak Riot Games melengkapi surat gugatannya dengan ilustrasi untuk memperlihatkan hal pelanggaran hak cipta mana sajakah yang sudah dilanggar oleh Moonton.

mobile legendsGugatan 44 halaman (PDF) dilayangkan ke United States District Court Central District of California, pengadilan yang lokasinya sama dengan kantor pusat Riot. Mereka meminta pengadilan menjatuhi hukuman denda terhadap Moonton sebesar 150 ribu dolar AS atau setara Rp2,06 miliar (kurs: Rp13.769/US$).

Pada halaman 11 PDF gugatan tersebut, Riot Games menyebutkan setidaknya ada empat aspek yang ditiru oleh Moonton , yaitu :

Pertama, Mobile legend dianggap telah menggunakan rancangan peta yang hampir mirip dengan Rift Summoner , yaitu sebutan untuk medan pertarungan/peta yang ada dalam League Of Legend. Kemiripannya  berada pada tampilan visual, tampilan estetik, penempatan dan lokasi hampir setiap objek dan fitur.

Lebih spesifik, peta Mobile Legend dituding meniru secara keseluruhan tampilan dan nuansa Rift Summoner. Hal ini bisa dilihat pada elemen warna yang khas, tekstur serta desain dari arena seperti = batu, dan semak-semak.

Kedua, Mobile Legend besutan Moonton juga dianggap meniru banyak elemen seperti monster, dan karakter non-pemain League Of Legend seperti minion “caster”, “melee” dan “siege. Karakter sampingan yang terus muncul sepanjang permainan yang kerjanya hanya maju ke daerah lawan.

Ketiga, Mobile Legend Moonton dianggap meniru “secara terang-terangan” karakter populer dari game League Of Legend besutan Riot Games.

Aspek terakhir adalah logo gambar yang muncul pada waktu tertentu dalam permainan, di antaranya adalah “Victory” yang bakal muncul ketika tim memenangkan pertandingan.

Selain itu, Moonton juga menggunakan logo untuk Mobile Legends: 5v5 MOBA yang sangat mirip dengan logo Riot untuk League Of Legend, termasuk font, warna skema, dan gaya keseluruhan.

Selain menempuh jalan gugatan melewati pengadilan sebetulnya, sebelum gugatan resmi ini dilangsungkan Riot games telah mengupayakan cara lain yatu meminta Google, sebagai pemilik layanan Google Play Store untuk menghapus Mobile Legends: 5v5 MOBA pada Agustus 2016 yang lalu , namun cara ini dinilai tidak berhasil.

Mode Permainan

mobile legendsDi permainan Mobile Legends : Bang Bang, terdapat beberapa mode permainan yang bisa dimainkan oleh para player. Mode-mode ini diantaranya adalaha Mode Classic, Brawl, Ranked, Vs. AI, dan Custom. Setiap mode tentunya memiliki perbedaan tersendiri, entah dari peraturan atau dari Land (Map) yang digunakannya. Setiap mode sama-sama menyuguhkan keseruan yang berbeda sehingga mampu memberikan banyak piihan bagi para pemainnya untuk menikmati pengalaman seru bermain Mobile Legends : Bang Bang.

Classic Mode

Classic Mode adalah mode pertama pada permainan ini. Semua pemain bisa memainkan mode game ini tanpa persyaratan apapun. Mode ini sendiri sangat cocok bagi para pemula atau bagi kalian yang ingin menguji coba hero yang baru digunakan atau juga untuk mengetes item build yang baru saja kamu racik.

Setiap rekap pertandingan Classic Mode akan masuk ke dalam data pribadi kamu, dan jika telah menyelesaikan permainan kamu juga akan mendapatkan reward berupa Battle Point atau BP.

Ranked Mode

Pada dasarnya Mode ini sama seperti Classic Mode hanya saja pada Ranked kamu akan mempertaruhkan bintang pada setiap pangkat yang kamu miliki. Jika kamu berhasil menang kamu akan mendapatkan tambahan satu bintang dan memperbesar peluang untuk terus mendapatkan pangkat tertinggi. Sedangkan jika kalah kamu akan kehilangan 1 bintang dan jika terus-menerus kalah kamu bisa jatuh ke pangkat terendah.

Untuk dapat memainkan mode game ini kamu harus memiliki hero minimal 5 dan juga telah mencapai level 8. Kamu bisa bermain bersama teman yang pangkatnya sama atau dibawah dan diatas satu tingkat. Kamu tidak bisa mengundang teman dengan perbedaan pangkat dua tingkat.

Terdapat 7 tier pangkat yang terdapat apda mode Ranked ini yaitu Warior, Elite, Master, Grand master, Epic, Legend, Mythic. Khusus untuk tier Legend ada peraturan khusus yaitu sistem dari Moonton akan menlakukan pengecekan setiap 7 hari. Dan jika player tersebut tidak berpartisipasi dalam mode Ranked selama itu makan akan kehilangan satu bintang.

mobile legendsmobile legendsSetiap kurang lebih 90 hari atau 3 bulan satu season akan berakhir dan kamu akan mendapatkan reward berbeda sesuai tier pangkat yang kamu miliki. Setiap berakhirnya season ini juga pangkat kamu akan mengalami reset, tp tenang saja tidak kembali ke warior hanya turun 1 tier di bawah pangkat yang kamu miliki. Reward yang bisa di dapatkan diantaranya adalah Tiket, Battle Point, Premium Skin Fragment, dan juga Skin Eksklusif Season. Tentunya setiap season skin eksklusif yang diberikan berbeda. Semakin tinggi Tier yang kamu miliki maka hadiah yang kamu dapatkan tentunya semakin besar.

Brawl Mode

Masih dengan peraturan dan tujuan yang sama seperti mode lainnya, Brawl Mode dibedakan dengan bentuk Land atau Map yang memanjang. Hanya terdapat 2 tower penjaga dan 1 tower utama. Monster jungle yang tersedia ada mode ini pun hanya 4, 2 disebelah kiri dan 2 disebelah kanan.

mobile legendsYang menjadikan mode ini sangat unik adalah para player tidak bisa kembali ke base untuk mengisi HP dan Mana, dan juga para player hanya bisa membeli item ketika hero yang digunakannya mati atau sedang berada di base saja. Sehingga jika kamu tidak pernah mati maka item yang kamu gunakan hanya item basic yang dibeli ketika pertama kali. Dan biasanya mode ini menghabiskan waktu yang lebih singkat dibandingkan mode lainnya.

Dan kamu juga tidak bisa memilih seluruh hero secara bebas, kamu akan diberikan 2 pilihan hero dan 1 kali kesempatan untuk mengatur ulang salah satu hero tersebut.

Vs. AI Mode

Pada mode ini kamu dan 4 player lainnya akan melawan computer, pada mode ini kamu bisa memilih permainan seperti apa yang akan kamu mainkan. Mulai dari mode Classic, Brawl dan juga Draft Pick.

Mobile legends

Costum Mode

Mode permainan Custom Match ini sangat mirip sekali dengan mode Vs. AI. Hanya saja pada mode ini 4 player lain yang berada di tim kamu tidak harus player nyata. Kamu bisa menambahkan AI sebagai teman tim kamu. Pada Custom Match ini juga tidak selalu harus 5 Vs 5, kamu bisa mengaturnya sesuka hati.

mobile legendsDraft Pick Mode

Mode permainan ini bisa dibilang merupakan mode yang lebih advance karena kamu akan menemukan mode ini ketika bermain Ranked dengan tier Epic, Legend dan Mythic. Tapi jika kamu penasaran dan ingin mencoba bermain mode ini bisa juga melalui mode permainan Vs. AI dan Custom mode. Pada permainan Draft Pick ini tidak aka nada 1 hero yang bisa digunakan bersamaan meski dalam berbeda tim, kamu juga bisa melihat hero apa yang dipilih oleh lawan. Proses pemilihan hero akan berlangsung secara bergantian 1 atau 2 hero pertimnya.

mobile legendsPada permainan Draft Pick ini juga ada istilah Ban dan Swap. Sebelum memilih hero yang akan digunakan kamu harus melakukan ban atau melarang hero tersebut untuk digunakan oleh kedua tim. Sedangkan Swap sendiri disini kamu bisa menukarkan hero yang kamu pilih dengan hero yang teman satu tim kamu pilih sehingga pemain yang berhasil melakukan first Pick dan Second Pick bisa mengamankan hero-hero andalan kamu atau hero-hero yang memang sering menjadi perebutan antara kedua tim.

Land of Dawn (Arena Pertandingan)

Land of Dawn adalah tempat dimana pertandingan para hero berlangsung. Ada dua bentuk Land yang terdapat di permainan Mobile Legends: Bang Bang ini, yaitu 3 Lane Land dan 1 Lane Land. Pada umumnya mayoritas mode permainan menggunakan 3 Lane Land, sedangkan untuk Brawl mode menggunakan 1 Lane Land.

mobile legendsPada Land of Dawn ini terdapat berbagai macam pelengkap mulai dari Base Altar, Turret, Turtle, Lord, Jungle Monster dan Minion. Tujuan dalam setiap permainan adalah menghacurkan Base Altar Musuh, siapa yang bisa menghacurkan terlebih dahulu maka mereka yang memenangkan permainan. Tapi sebelum bisa menghacurkan Base Altar kamu harus menghacurkan Turret- Turret terlebih dahulu. Jika pada mode 3 Lane Land akan terdapat 3 lapisan Turret pada setiap Lane yang ebrati ada total 9 Turret yang melindungi Base Altar. Kamu bisa hanya menghacurkan 1 Lane saja untuk langsung menyerang Base Altar atau kamu juga bisa menghacurkan 2 Lane atau mungkin seluruh Lane dari musuh.

Mobile legendsBase Altar dan Turret ini juga akan memberikan true damage kepada hero lawan yang akan menghacurkannya. Turret dan Base Altar ini juga akan otomatis menyerang kamu jika kamu melakukan skill atau hit kepada hero lawan di dalam area tembak Turret dan Base Altar milik musuh.

Mobile LegendsMobile legendsmobile legendsDalam perjalanan menghacurkan Turret dan Base Altar ini kamu akan di bantu oleh 3 jenis minion yaitu Infantry, Lancer, dan Cannon. Ketika akan menghacurkan Turret atau Base Altar biarkan minion terlebih dahulu yang masuk ke area tembak sehingga kamu akan tetap aman melakukan hit langsung ke Turret dan Base Altar. Selain membantu menghacurkan Turret dan juga Base Altar, minion ini juga membantu menghambat laju musuh dan juga sebaliknya.

mobile legendsSelain itu ada juga Jungle Monster, Turtle dan Lord yang akan memberikan keuntungan besar dalam meningkatkan Level, Build Item serta tentunya dalam mengungguli tim lawan. Setiap berhasil membunuh monster-monster ini kamu akan mendapatkan keuntungan yang berbeda. Jungle Monster sendiri terdiri dari 3 tingkatan yaitu jungle monster normal, menengah, dan tinggi. Jungle monster biasa adalah monster yang paling lemah dan mudah untuk dibunuh, terdiri dari Giant Mouth Monster, Ghost Mage, dan Goblin. Ketika berhasil membunuhnya kamu akan mendapatkan gold dan juga experience serta Buff HP dan Mana Regen

Sedangkan untuk monster tingkat menengah terdiri dari Crab, Spinner, dan Reaper. Ketiga monster ini akan sedikit sulit untuk dibunuh. Akan tetapi jika berhasil membunuhnya akan ada bonus buff yang sangat berguna sekali untuk kamu. Hati-hati karena meski berada di wilayah kamu tidak jarang musuh tetap berusaha mencuri ketiga monster ini.

mobile legendsmobile legendsmobile legendsmobile legends

mobile legendsmobie legendsYang terakhir adalah para raja dari Monster, karena kedua monster ini termasuk kedalam tingkatan Tinggi. Selain sangat sulit untuk dibunuh dan rewardnya yang sangat tinggi kedua monster ini juga tidak selalu muncul setiap saat. Posisinya yang berada di 2 sisi wilayah tengah Land membuat kedua monster ini selalu menjadi perebutan oleh kedua tim. Kedua monster ini adalah Tutle dan Holy Lord, bersiaplah melakukan teamwork yang baik dalam merebut kedua harta karun terbesar dari Land of Dawn ini.

mobile legendsmobile legends

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.