Yuk Kenalanan Dengan Mode Pengambilan Gambar Di Kamera Digital

Yuk Kenalanan Dengan Mode Pengambilan Gambar Di Kamera Digital

|

Bagi kalian yang ingin menjadi seorang fotografer profesional, tentunya harus memahami berbagai unsur yang terdapat ada sebuah Kamera Digital. Mulai dari mode , settingan hingga kelengkapan aksesoris yang mampu membantu memaksimalkan proses fotografi agar menghasilkan gambar yang bagus. Seperti salah satunya adalah mode Eksposur.

Pada setiap perangkat Kamera, mulai dari Kamera Digital, Mirrorless, DSLR, sampai Kamera Pocket. Ada sebuah roda dibagian atas yang berfungsi untuk mengatur mode operasi Kamera. Yang diantaranya terdiri dari Mode Auto, P, S (Tv), A (Av), M, dan Scene. Masing – masing mode tentunya memiliki keunggulan dan perbedaannya sendiri. Hal ini lah yang harus dipahami demi kelancaran aktivitas fotografi.

Sebenarnya selain mode Auto, P, S, A, M, ada mode lainnya seperti Potrait, Landscape, Close Up, Sports, Fire-Works, dan Panorama. Hanya saja untuk kelima mode yang diawal tadi disebutkan bisa dibilang merupakan elemen yang sangat penting untuk memaksimalkan pemotretan.

Jenis-Jenis Mode Eksposure Pada Kamera Digital

  • Mode Auto

Yang pertama adalah mode auto. Pada mode ini, Kamera akan berusaha menganalisis objek yang kita foto kemudian menentukan semua setelan Kamera. Selain itu pada mode auto, Kamera akan menentukan berbagai aspek mulai dari ukuran ISO, Shutter Speed, Aperture dan yang lainnya. Menggunakan alur kerja komputer yang ditentukan oleh Kamera berdasarkan kondisi cahaya saat kita menekan tombol shutter separuh (saat melakukan metering).

  • Mode P

Selanjutnya ada Mode P (Program), Kamera akan secara otomatis menentukan besar setelan shutter speed dan aperture. Meski begitu, kamu bisa mengubah kombinasi aperture atau shutter speed secara manual. Cara untuk mengubah setelan yang sudah dipilih secara otomatis oleh Kamera adalah dengan memutar roda kendali pada Kamera.

  • Mode S

Mode S adalah mode yang secara manual akan mengatur nilai shutter speed dan Kamera secara otomatis akan memilih nilai aperture berdasarkan jumlah cahaya yang masuk melalui lensa. Pada mode ini kamu harus benar-benar memahami perbandingan antara kondisi pencahayaan dan tempat yang digunakan untuk pemotretan

  • Mode A

Selanjutnya ada mode A. Mode yang satu ini merupakan kebalikan dari Mode S. Setelah aperture secara manual di tentukan dan Kamera akan menentukan besar shutter speed sesuai jumlah cahaya yang masuk ke lensa. Dengan menggunakan mode ini, kamu bisa memiliki kontrol penuh atas depth of field (ruang tajam). Karena kamu bisa menurunkan atau menaikkan bukaan lensa dan membiarkan Kamera yang menghitung shutter speed yang diperlukan.

  • Mode M

Dan yang terakhir adalah mode M atau Manual. Seperti yang tergambar jelas dari namanya nantinya kamu akan menentukan besar aperture dan shutter speed pada Kamera secara manual sepenuhnya. Kamera hanya akan melakukan pengukuran cahaya dan memberi rekomendasi lewat skala metering, namun tidak akan melakukan perubahan apa-apa selain itu.

Itu tadi sedikit ulasan singkat mengenai mode Auto, P, S, A, M pada pengaturan Kamera. Kamu wajib setidaknya mengenal perbedaan kan keunggulan masing-masing mode agar bisa memanfaatkannya ketika akan mengambil gambar.

Do you know guys …. di store kita banyak banget produk Kamera Canon, Nikon, Sony dan masih banyak lagi yang dijual dengan harga terjangkau dan varian terlengkap lhoo. Selain toko online kita juga ada toko non online dengan cabang yang tersebar di lebih dari 5 kota besar di Indonesia. Ada pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang bisa kalian pilih mulai dari transfer bank, kartu kredit, Indomaret, JNE, COD, hingga pick up in store. Buruan kunjungi kliknklik.com.

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.