Perbedaan Mini PC VS Desktop PC [Wajib Tahu!!]

Perbedaan Mini PC VS Desktop PC [Wajib Tahu!!]

Perbedaan Mini PC|Mini PC||Mini PC Upgrade|Mini PC VS Desktop PC

Perkembangan teknologi komputer rumahan terus mengalami perkembangan, itu terbukti dari adanya Perbedaan Mini PC VS Desktop PC. Lantas apa yang menyebabkan sampai muncul komputer “mini”?

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan mobilitas semakin tinggi. Dengan keberadaan laptop pun, ada kalanya kurang memuaskan, sebab baik layar yang kurang besar, keyboard yang kurang nyaman, hingga CPU yang kurang secara performa.

Berangkat dari sana salah satu kelebihan PC adalah CPU yang kuat. Karena ditopang karena ruang penyimpanan yang luas. Komputer jenis ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menentukan periferal dan mengustomisasi komponen CPU. Orang yang punya PC pun dapat dengan mudah upgrade untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Sekarang kita dibingungkan dengan adanya mini pc. Disatu sisi desktop PC banyak menghabiskan banyak tempat di meja. Nah untuk mengatasi ini kita sepertinya perlu juga mini PC. Namun dari manakah perbedaan dari keduanya?

Perbedaan Mini PC vs Desktop PC

Energy ConsumptionMini PC

Konsumsi listrik yang menjadi perbedaan. Karena daya listrik yang dibutuhkan mini pc maupun desktop pc jelas berbeda. Daya mini PC tergolong kecil, dengan rata-rata menghasbiskan listrik 10-12 watt dalam pemakaian normal. Lain halnya dengan desktop PC banyak menghabiskan daya listrik. Bisa mencapai 300-500 watt dalam pemakaian normal.

Sebagai bentuk mendukung hemat energi. Banyak perusahaan sudah mulai menerapkan mini PC sebagai kegiatan operasional mereka. Karena mini PC juga bisa menjadi solusi bagi yang ingin menghemat energi.

Baca Juga : Perbedaan vga nvidia vs amd

Keterbatasan Memori

Memori yang dipunyai oleh Perbedaan Mini PC dan Desktop PC memiliki jenis yang berbeda. RAM dan media penyimpanan bisa diganti. Pertanyaannya bagaimana kita tahu kalau komputer sekecil itu ternyata memiliki RAM besar yang ternyata bisa kita upgrade? Justru bisa dan bahkan menggunakan RAM Laptop yang harganya lebih mahal. Slot DIM pun hanya disediakan satu atau dua.

Dari segi format memori mini PC hanya mendukung SSD M.2, yang meskipun lebih mahal juga punya kecepatan yang lebih tinggi. Jenis lainnya adalah hard drive 2,5 inci yang jika dipasangkan dengan HDD bisa mencakup storage yang lebih besar. Untuk Desktop PC bisa terdongkrak jika mempunyai SSD drive.

Baca Juga : Sekarang sudah zamannya Komputer stick

Daleman Yang Bisa DigantiMini PC Upgrade

Tidak langsung memberikan impact nyata. Namun kehadiran mini PC perlahan menunjukkan hasil yang pasti. Kini orang tidak perlu susah-susah bikin meja komputer yang luas karena keterbatasan ruangan yang sempit. Dengan adanya mini pc permasalahan tersebut sudah teratasi.

Beberapa yang menjadi pertimbangan para pengembang mini PC adalah tidak bisanya processor diganti seperti halnya desktop PC.Pada mini PC kita tidak akan menemukan kartu grafis terdedikasi.

Perbedaan Kental :

  • Performa mini PC tidak secepat Desktop
  • Mini PC tidak bisa untuk gaming dan program kinerja grafis

Namun terdapat Perbedaan Mini PC yang menyebutkan ternyata komponen mini PC bisa diganti. Komponen tersebut Yaitu memori dan media penyimpanan. Sudah menjadi bukti kalau mini PC meski mungil tetapi bisa juga kamu ganti RAM dan hardisk ssd-nya.

Baca Juga : Raspberry pi Komputer terkecil dan termurah di dunia

Ukuran Jelas BedaMini PC VS Desktop PC

Perbedaan yang jelas kita lihat adalah dari segi ukuran. Digambar juga sudah terlihat yah mini PC kecil dan Desktop PC besar. Untuk ukuran mini PC kita menyebutkan tinggi dan panjang mempunyai 120 mm. Dengan ukuran segitu kamu bisa membawanya kedalam tas, dan masalahnya kamu harus mencari monitor ketika hendak menyalakkan komputernya.

Jika kamu dahulu melihat meja komputer banyak komponen seperti keyboard,mouse,monitor sampai speaker. Dan Desktop PC kita yang ternyata menghabiskan tempat meja. Dengan adanya mini PC kamu bisa memasangkannya di belakang monitor, nantinya meja kerja terlihat rapi dan luas.

Baca Juga : Tips agar Komputer awet dan tahan lama

Sekarang waktunya kamu menentukan apakah ingin membeli mini PC atau Desktop PC. Secara umum harga mini PC dipasaran atau toko online seharga 1 – 2 Juta rupiah. Sedangkan Desktop PC bisa seharga 3 – 4 Juta. Memang ini tergantung dengan kebutuhan. Namun jika kamu belum mengetahui perbedaannya, bagaimana mau tahu jika mini pc atau desktop pc yang benar menjadi kebutuhan?

 

 

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.