Windows 10 IoT Core Update Support ke Raspberry Pi 3

Windows 10 IoT Core Update Support ke Raspberry Pi 3

|

larger-16-element14-RaspberryPi3-1

Windows 10 IoT Core telah diupdate agar bisa digunakan pada Raspberry Pi 3. Microsoft baru saja mengumumkan hal ini Selasa (29/2/2016) melalui laman blog resminya.

Pengumuman tersebut bertepatan dengan hari yang sama di mana Raspberry Pi Foundation meluncurkan Raspberry Pi 3 dan pada hari itu juga merupakan ulang tahun ke empat sejak Raspberry pertama diluncurkan.

Raspberry Pi 3 merupakan perangkat komputer mini yang dijual dengan harga sangat murah agar terjangkau bagi siapa saja. Sebagaimana Raspberry Pi 2, Raspberry Pi 3 dibandrol dengan harga $35 atau sekitar 470rb rupiah namun tentu saja generasi terbaru membawa perubahan lebih baik. Raspberry Pi 3 dilaporkan mempunyai 50% tenaga komputer lebih kuat dibanding Raspi 2. Raspi 3 hadir dengan sebuah prosesor ARMv8 quad-core 1.2GHz 64bit dengan built-in bluetooth dan Wi-Fi.

“Raspberry Pi 3 terbaru lebih cepat, lebih kuat dan merupakan Raspberry Pi pertama perangkat IoT out of the box,” tulis Billy Anders, direktur manajemen program untuk Windows IoT, dalam sebuah posting blog.

Penting untuk dicatat, jika saat ini anda menggunakan Windows 10 IoT Core, anda tidak akan bisa menjalankannya pada Raspberry Pi 3 terbaru. Perangkat ini hanya akan bekerja dengan build Insider terbaru, artinya anda tetap harus beralih ke rilis preview.

IoT Core telah diluncurkan kepada publik pada Agustus 2015 untuk memberikan pandangan bagi para developer tentang menghubungkan layanan dan perangkat ke Internet of Things melalui Windows 10. Microsoft menambahkan versi Windows 10 ini untuk mempermudah para developer membuat aplikasi IoT menggunakan bahasa yang ia sukai.

introduction-to-windows-10-iot-core-12-638

Windows 10 IoT Core “dioptimalkan untuk perangkat yang lebih kecil dan terhubung, baik yang memiliki display atau tidak,” tulis Anders. Platform tersebut juga memiliki layanan dan pengamanan kelas enterprise. Update otomatis hadir lewat Windows Update online, dan hadirnya API Universal Windows Platform (UWP) memungkinkan aplikasi untuk mengontrol manajemen sistem.

Microsoft akan terus melanjutkan rilis preview build dan mengumpulkan feedback dari para pengguna untuk meningkatkan kapabilitas penggunaan Windows 10 pada Raspberry Pi. Salah satu feedback pada build sebelumnya menghasilkan Windows 10 IoT yang support Wi-Fi bagi perangkat-perangkat populer salah satunya adalah Raspberry Pi.

Sebagai informasi dengan mengguakan Raspberry Pi dan Windows 10, banyak sekali proyek-proyek IoT yang bisa dibuat oleh para developer. Jika dulu para developer masih membangun karya-karya menggunakan PC atau CPU yang selain memakan tempat, berat dan harus terhubung dengan daya yang besar, Raspberry Pi merupakan solusi untuk masalah ini. Para pengembang biasanya menggunakan Raspberry Pi untuk proyek-proyek teknologi seperti misalnya anda bisa membuat pintu dengan kemampuan face recognition yang hanya akan terbuka jika dihadapkan dengan wajah yang dikenali, membuat mesin pengendali untuk pabrik, smart home dan banyak sekali yang lainnya. Anda bisa melihat-lihat proyek raspberry pi pada Microsoft Projects. Raspberry Pi biasanya juga sering dipakai oleh para mahasiswa untuk membuat karya ilmiah ataupun tugas akhir dengan membangun sesuatu yang bermanfaat dan berguna.

Jika anda tertarik untuk membeli komputer mini, anda bisa mengunjungi laman KliknKlik/Mini-PC untuk mendapatkan berbagai penawaran produk komputer mini dengan harga yang bersaing.

kliknklik

See all posts

Leave a Reply





  • Kami selalu berusaha untuk mencantumkan harga yang terbaru. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dikarenakan kurs, stok distributor dan hal-hal lain. Untuk mendapatkan harga terakhir, kami sarankan untuk kontak kami melalui Whatsapp CS Kliknklik.

  • Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyakinkan ketepatan seluruh informasi yang dimuat. Namun, tidak menjamin dengan segala hormat akan ketepatan data tersebut, termasuk spesifikasi produknya maupun editorial.Setiap produk yang dibeli mendapatkan garansi penuh dari kami dengan jangka waktu berbeda tergantung produknya. Umumnya semua barang bergaransi minimal 12 bulan baik part maupun jasanya.

  • Konfirmasi CS Whatsapp Kliknklik dan silahkan kirim kembali produk yang rusak kepada kami.Barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan barang lain, kecuali ada perjanjian tertulis terlebih dahulu.Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan pihak kliknklik dapat membatalkan order apabila dianggap tidak sesuai akibat kesalahan informasi pada produk mencakup spesifikasi dan harga.
  • Barang akan segera kami proses setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dan dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam hari kerja untuk mengecek dana yang telah anda transfer ke rekening kami.

  • Untuk proses pengiriman barang, pengiriman akan dilaksanakan dalam waktu paling lambat 2×24 jam hari kerja setelah Whatsapp konfirmasi transferan masuk dikirim dan proses pengecekan dana yang anda transfer selesai.

  • Kami akan memberitahukan resi pengiriman, bila produk pesanan Anda sudah terkirim, melalui whatsapp official Kliknklik.

  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan agen pengiriman, biaya kirim termasuk tarif regular dan tidak termasuk asuransi. Jika anda ingin mengasuransikan barang dari kerusakan atau kehilangan dalam perjalanan, harap kontak kami melalu Whatsapp CS Kliknklik untuk kuotasi detail.

  • Bila Anda menginginkan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lain, kami bisa kirimkan ke perwakilan ekspedisi tersebut yang ada di Jakarta.

  • Pengiriman ke perwakilan ekspedisi mungkin terkena biaya tambahan, tergantung dari lokasi.Info lebih lengkap hubungi Whatsapp CS Kliknklik.
  • Untuk proses refund, refund tidak bisa dilakukan bila kesalahan terjadi bukan dari pihak Kliknklik. Sedangkan untuk proses pengembalian refund, proses refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 2×24 jam.

  • Dengan telah melakukan order di kliknklik.com, maka anda kami anggap telah menyetujui syarat dan ketentuan diatas.

  • Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami melalui CS Whatsapp Kliknklik.